ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik sosial ekonomi konsumen beras. menganalisis pengaruh karakteristik konsumen beras terhadap jumlah konsumsi beras, dan menganalisis konsumsi beras konsumen berdasarkan tingkat pendapatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai Mei 2016. Daerah penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) di Kecamatan Medan Denai dengan alasan daerah ini memiliki jumlah penduduk dan rumah tangga terbesar di Kota Medan bagian Timur. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif, metode regresi linear berganda dan metode crosstab dengan alat bantu spss 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen beras di Kecamatan Medan Denai memiliki karakteristik sosial ekonomi yang berbeda-beda, baik itu dari segi usia, pendapatan, jumlah anggota keluarga, maupun pendidikan. Karakteristik sosial ekonomi konsumen beras yaitu usia, pendapatan, jumlah anggota keluarga dan pendidikan secara serempak berpengaruh nyata terhadap jumlah konsumsi. Usia, jumlah anggota keluarga dan pendapatan secara parsial berpengaruh nyata terhadap jumlah konsumsi beras, sedangkan pendidikan tidak. Mayoritas Masyarakat Kecamatan Medan Denai mengkonsumsi beras jenis IR 64, pulen, tidak beraroma, daya tahan beras > 1 bulan, bentuk beras medium, dan derajat putih sedang. Kata kunci : Konsumen beras, karakteristik sosial ekonomi konsumen, dan konsumsi beras
Copyrights © 2016