JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
Vol 5, No 12 (2016): volume 5 no. 12 Desember 2016

ANALISIS FINANSIAL DAN PEMASARAN NENAS (Studi Kasus: Desa Siabal – Abal I, Kecamatan Sipahutar, Kabupaten Tapanuli Utara)

Maria Angelina Situmorang (Unknown)
Luhut Sihombing (Unknown)
Lily Fauzia (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2018

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan usaha budidaya nenas secara finansial, untuk menganalisis besar angka retention index pemasaran nenas, untuk menganalisis tingkat efisiensi setiap saluran pemasaran nenas. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis finasial dengan menghitung penerimaan dan pendapatan dan 4 metode efisiensi menurut Thamizhselvan dan Paul yaitu metode Shepherd’s, metode Acharya dan Aggarwal, Composite Index Method, dan Marketing Efficiency Index Method. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar pendapatan dan penerimaan yang diperoleh petani tergoong tinggi, tidak ada angka retention index di daerah penelitian, dan saluran pemasaran yang paling efisien di daerah penelitian adalah saluran III.Kata Kunci : kelayakan, finansial, pemasaran, retention index

Copyrights © 2016