JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
Vol 6, No 1 (2017): volume 6 no. 1 January 2017

PENGARUH KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI KONSUMEN TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN BERAS (Studi Kasus : Kecamatan Medan Johor Kota Medan)

Gomal Munte (Unknown)
Tavi Supriana (Unknown)
M Jufri (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik sosial ekonomi konsumen beras di Kecamatan Medan Johor, menganalisis preferensi konsumen beras dan menganalisis pengaruh karakteristik sosial ekonomi konsumen terhadap preferensi konsumen beras di Kecamatan Medan Johor. Daerah penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) dengan alasan daerah ini memiliki jumlah penduduk terbesar di Kota Medan bagian selatan. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, analisis customer satisfaction index dan analisis regresi linear berganda  dengan alat bantu SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan konsumen beras di Kecamatan Medan Johor memiliki karakteristik yang berbeda-beda, baik itu dari pendapatan rumah tangga, umur, pendidikan, jumlah anggota keluarga, jumlah konsumsi beras dan tingkat kepulenan. Dari segi preferensi konsumen beras di Kecamatan Medan Johor mengkonsumsi beras yang pulen. Karakteristik sosial ekonomi konsumen beras berpengaruh nyata secara serempak terhadap preferensi. Secara parsial jumlah anggota keluarga dan tingkat kepulenan yang berpengaruh nyata secara parsial terhadap preferensiKata Kunci : konsumen beras, karakteristik sosial ekonomi konsumen, preferensi konsumen

Copyrights © 2017