JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
Vol 8, No 4 (2017): Volume 8. No. 4 Oktober 2017

PENGARUH KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI KONSUMEN TERHADAP KONSUMSI BERAS ORGANIK ( Kasus: Kecamatan Medan Johor )

Bakti Nugraha (Unknown)
Lily Fauzia (Unknown)
Siti Khadijah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2018

Abstract

ABSTRAK Bakti Nugraha (120304122) dengan judul skripsi Pengaruh Karakteristik Sosial Ekonomi Konsumen terhadap Jumlah Konsumsi Beras Organik (Kasus: Kecamatan Medan Johor). Di bawah bimbingan ibu Ir. Lily Fauzia, M.Si sebagai ketua komisi pembimbing dan ibu Siti Khadijah, SP, M.Si sebagai anggota komisi pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik sosial ekonomi konsumen beras organik di Kecamatan Medan Johor dan menganalisis pengaruh karakteristik sosial ekonomi konsumen terhadap permintaan beras organik di Kecamatan Medan Johor. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive). Kecamatan Medan Johor dipilih karena berdasarkan hasil pra survei Kecamatan Medan Johor merupakan daerah yang terdapat penjual beras organik yang cukup besar di Kota Medan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif dan  Metode Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian karakteristik sosial ekonomi konsumen beras organik dilihat dari umur terbanyak yaitu rentan 50 – 59 tahun sebanyak 18 konsumen, dilihat dari  tingkat pendidikan tertinggi yaitu 16 tahun (S1) sebanyak 22 konsumen, dilihat dari pendapatan terbanyak dengan jumlah Rp 8.500.000 – Rp 10.000.000 yaitu sebanyak 15 konsumen, dilihat dari jumlah anggota keluarga terbanyak yaitu rentan 4 – 5 konsumen sebanyak 37 dan dilihat berdasarkan kondisi kesehatan konsumen tertinggi yaitu sedang tidak sehat sebanyak 29 konsumen. Karakteristik konsumen meliputi umur, tingkat pendidikan, pendapatan, jumlah anggota keluarga dan kondisi kesehatan secara serempak berpengaruh nyata terhadap permintaan beras organik. Secara parsial umur, jumlah anggota keluarga dan kondisi kesehatan berpengaruh nyata terhadap permintaan beras organik, sedangkan tingkat pendidikan dan pendapatan secara parsial tidak berpengaruh nyata  terhadap permintaan beras organik. Kata Kunci: Konsumen Beras Organik, Karakteristik Sosial Ekonomi Konsumen

Copyrights © 2017