JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
Vol 8, No 4 (2017): Volume 8. No. 4 Oktober 2017

ANALISIS PERBEDAAN USAHA PENANGKAPAN IKAN ANTAR KAPASITAS PERAHU MOTOR DAN STRATEGI PENGEMBANGANNYA (Kasus : Desa Sialang Buah, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai

David Ricardo Pardosi (Unknown)
Thomson Sebayang (Unknown)
Tavi Supriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2018

Abstract

ABSTRAK DAVID RICARDO PARDOSI : Analisis Perbedaan Usaha Penangkapan Ikan Antar Kapasitas Perahu Motor Dan Strategi Pengembangannya dibimbing oleh Bapak Ir. Thomson Sebayang, M.T dan                                                       Ibu Dr. Ir. Tavi Supriana, M.S. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis perbedaan jumlah hasil tangkapan antar perahu motor kapasitas < 3 GT, 3 – 5 GT, dan > 5 GT, menganalisis hubungan jarak tempuh dengan jumlah hasil tangkapan pada perahu motor kapasitas < 3 GT, 3 – 5 GT dan > 5 GT, menganalisis perbedaan biaya operasional antar perahu motor kapasitas < 3 GT, 3 – 5 GT dan   > 5 GT, menganalisis perbedaan penerimaan dan pendapatan antar perahu motor kapasitas < 3 GT, 3 – 5 GT dan > 5 GT serta menjelaskan strategi pengembangan usaha penangkapan ikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode uji beda ANOVA, metode korelasi Pearson, dan metode SWOT. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa jumlah hasil tangkapan paling sedikit ada pada perahu motor kapasitas < 3 GT, dan jumlah hasil tangkapan paling besar ada pada perahu motor kapasitas > 5 GT. Semakin jauh jarak tempuh perahu motor maka semakin tinggi jumlah hasil tangkapan nelayan. Biaya operasional paling kecil ada pada perahu motor kapasitas < 3 GT, dan biaya operasional paling besar ada pada perahu motor kapasitas > 5 GT. Pendapatan paling kecil ada pada perahu motor kapasitas < 3 GT, dan pendapatan paling besar ada pada perahu motor > 5 GT. Strategi pengembangan usaha penangkapan ikan yang dianjurkan adalah strategi pengembangan diversifikasi yaitu menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang. Kata Kunci:  produksi, jarak tempuh, pendapatan, strategi pengembangan, perahu motor < 3 GT, perahu motor 3 – 5 GT, perahu motor > 5 GT

Copyrights © 2017