JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
Vol 9, No 6 (2018): Volume 9 No. 6 Juni 2018

STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA DAGANG PUPUK (Kasus: Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal)

Muhammad Azwar Rangkuti (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara)
Lily Fauzia (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara)
Iskandarini Iskandarini (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
10 May 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor apa sajayang mempengaruhi penerimaan pedagang pupuk  di daerah penelitian, untukmenentukan strategi peningkatan pendapatan pedagang pupuk di daerahpenelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam penentuan daerah penelitiansecara purvosive (sengaja). Pada   penelitian ini pengambilan sampel dilakukandengan cara Sensus, yaitu dimana seluruh pedagang pupuk di daerah penelitiandijadikan sebagai sampel. Adapun jumlah sampel pedagang pupuk sebanyak 19orang. Metode analisis data untuk faktor – faktor yang mempengaruhi pendapatandan penerimaan keluarga adalah dengan menggunakan Regresi Linear Berganda,dan untuk menentukan strategi peningkatan pendapatan pedangang di daerahpenelitian adalah dengan menggunakan Analisis SWOT.  Hasil penelitian yangdiperoleh adalah Secara parsial (t-hitung); pendidikan dan pengalaman berpengaruh nyata terhadap penerimaan pedagang pupuk di daerah penelitian,sedangkan tingkat umur dan jumlah tanggungan tidak berpengaruh nyata terhadappenerimaan pedagang pupuk.Secara serentak (F-hitung), semua variabel bebas(pendidikan, pengalaman, umur, dan jumlah tanggungan) berpengaruh nyataterhadap penerimaan pedagang pupuk. Strategi yang harus di terapkan dalamkondisi ini adalah penggunaan kekuatan untuk memanfaatkan peluang, untuk mengatasi ancaman dalam jangka panjang dengan cara diversifikasi. Yaitu dengan mengembangkan saluran distribusi pupuk untuk mengatasi permintaan pasar yangkurang baik, memanfaatkan tingkat pendidikan, pengalaman dan keterampilanpedagang yang berkaitan dengan penggunaan pupuk agar dapat mempertahankanpelanggan serta memanfaatkan jaringan pemasaran dan kemitraan usaha dagangyang dikuasai untuk mengatasi pesaing serta dapat meningkatkan volumepenjualan.Kata Kunci: Pupuk, Pendapatan, Strategi, Faktor Internal, Faktor Eksternal danSosial Ekonomi.

Copyrights © 2018