JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
Vol 9, No 10 (2018): Volume 9 No. 10 Oktober 2018

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN MINUMAN THAI GREEN TEA (Kasus Mahasiswa Strata 1 Universitas Sumatera Utara)

Amelia Natasya P (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara)
Iskandarini Iskandarini (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara)
Emalisa Emalisa (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2018

Abstract

Kemajuan di bidang sosial ekonomi mengakibatkan perubahan pola konsumsi minuman ke arah yang lebih beragam.   Salah satu dampak dari perubahan pola konsumsi adalah munculnya bisnis industri minuman. Peningkatan bisnis industri minuman juga terjadi di Universitas Sumatera Utara dalam kurun waktu 5 bulan (Juli-Desember) peningkatan jumlah gerai cukup pesat yang semula hanya 2 gerai menjadi  22  gerai.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  menganalisis  proses keputusan pembelian minuman Thai Green Tea oleh konsumen di daerah penelitian; untuk menganalisis apakah   faktor lingkungan, faktor perbedaan individu,   dan   faktor   psikologis   mempengaruhi   perilaku   konsumen   dalam keputusan pembelian minuman Thai Green Tea di daerah penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis regresi linier berganda menggunakan alat bantu SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses keputusan pembelian minuman Thai Green Tea dimulai  dari  alasan  pertama  kali  konsumen  mengkonsumsi  adalah  keinginan untuk mencoba, manfaat utama adalah rasa minuman yang enak, fokus perhatian utama konsumen adalah praktis untuk dikonsumsi; sebagian besar responden memperoleh informasi mengenai minuman melalui teman; pertimbangan awal dan indikator kualitas minuman adalah rasa; sebagian besar responden cenderung membeli minuman berdasarkan situasi dengan frekuensi konsumsi lebih dari seminggu sekali; mayoritas konsumen menyatakan merasa puas dengan  minuman dan akan tetap membeli minuman tersebut jika terjadi kenaikan harga; pengaruh lingkungan, perbedaan individu dan proses psikologis secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen dalam keputusan pembelian  minuman  Thai  Green  Tea;  sedangkan  secara  parsial  perbedaan individu  dan  proses  psikologis  berpengaruh  nyata  dan  signifikan    terhadap perilaku konsumen dalam keputusan pembelian minuman Thai Green Tea.   Kata   Kunci:   Pengaruh      Lingkungan,      Perbedaan         Individu,   Proses Psikologis, Keputusan Pembelian

Copyrights © 2018