Kemajuan di bidang sosial ekonomi mengakibatkan perubahan pola konsumsi minuman ke arah yang lebih beragam. Salah satu dampak dari perubahan pola konsumsi adalah munculnya bisnis industri minuman. Peningkatan bisnis industri minuman juga terjadi di Universitas Sumatera Utara dalam kurun waktu 5 bulan (Juli-Desember) peningkatan jumlah gerai cukup pesat yang semula hanya 2 gerai menjadi 22 gerai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses keputusan pembelian minuman Thai Green Tea oleh konsumen di daerah penelitian; untuk menganalisis apakah faktor lingkungan, faktor perbedaan individu, dan faktor psikologis mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian minuman Thai Green Tea di daerah penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis regresi linier berganda menggunakan alat bantu SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses keputusan pembelian minuman Thai Green Tea dimulai dari alasan pertama kali konsumen mengkonsumsi adalah keinginan untuk mencoba, manfaat utama adalah rasa minuman yang enak, fokus perhatian utama konsumen adalah praktis untuk dikonsumsi; sebagian besar responden memperoleh informasi mengenai minuman melalui teman; pertimbangan awal dan indikator kualitas minuman adalah rasa; sebagian besar responden cenderung membeli minuman berdasarkan situasi dengan frekuensi konsumsi lebih dari seminggu sekali; mayoritas konsumen menyatakan merasa puas dengan minuman dan akan tetap membeli minuman tersebut jika terjadi kenaikan harga; pengaruh lingkungan, perbedaan individu dan proses psikologis secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen dalam keputusan pembelian minuman Thai Green Tea; sedangkan secara parsial perbedaan individu dan proses psikologis berpengaruh nyata dan signifikan terhadap perilaku konsumen dalam keputusan pembelian minuman Thai Green Tea. Kata Kunci: Pengaruh Lingkungan, Perbedaan Individu, Proses Psikologis, Keputusan Pembelian
Copyrights © 2018