JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
Vol 9, No 11 (2018): Volume 9 No.11 November 2018

ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP APEL LOKAL DAN APEL IMPOR (Studi Kasus di Kota Medan, Sumatera Utara)

Pangeran Christ Romario Napitupulu (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara)
Iskandarini Iskandarini (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara)
M. Jufri (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelitian untuk menentukan atribut yang  paling  dipertimbangkan  konsumen  dalam  keputusan  membeli  buah  apel lokal dan apel impor dan menganalisis sikap konsumen terhadap buah apel lokal dan apel impor di Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis   deskriptif,   scoring, dan   model   sikap   multiatribut   Fishbein.   Hasil penelitian menunjukkan atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan membeli buah apel lokal dan apel impor di Kota Medan adalah atribut harga; Sikap konsumen terhadap buah apel lokal dan apel impor di daerah penelitian secara keseluruhan bahwa total nilai sikap untuk buah apel impor lebih besar dari pada total nilai sikap buah apel lokal. Artinya, konsumen yang mengonsumsi buah apel memiliki sikap yang lebih positif terhadap buah apel impor dibandingkan buah apel lokal.   Kata Kunci: Sikap Konsumen, Apel lokal dan apel impor.

Copyrights © 2018