Jurnal Teknik Sipil USU
Vol 2, No 1 (2013): JURNAL TEKNIK SIPIL USU VOL.2 NO.1 TAHUN 2013

KAJIAN METODE PERENCANAAN STRUKTUR PERKERASAN DAUR ULANG (PAVEMENT RECYCLING)

Anisya Mardhatila (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2013

Abstract

ABSTRAK Kajian metode perencanaan struktur perkerasan daur ulang adalah kajian yang seksama mengenai kelebihan dan kekurangan serta akurasi dari beberapa metode perencanaan daur ulang campuran dingin dengan foam bitumen (CMRFB-Base) sesuai dengan kondisi lapangan. Metode perencanaan tebal daur ulang perkerasan yang dibahas yaitu metode Bina Marga dan Wirtgen. Metode tersebut dipilih karena adanya perbedaan parameter yang digunakan dan konsep dalam penentuan tebal recycling, diantaranya adalah beban lalu lintas (CESA), kondisi lapis permukaan perkerasan, nilai CBR, lendutan, dan sebagainya. Perbedaan dalam perencanaan pada kedua metode ini terletak pada Metode Witrgen yang memiliki batasan desain ESAL dalam menentukan metode perencanaan yang akan digunakan. Sedangkan persamaan dalam perencanaan kedua metode ini adalah memiliki batas maksimum ketebalan foam bitumen yang sama yaitu 300 mm. Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa metode Wirtgen lebih akurat dalam menentukan ketebalan lapis recycling karena lebih banyak menggunakan parameter desain perencanaan dibandingkan dengan metode Bina Marga, dan terlihat adanya perbedaan nilai CESA yang signifikan sebesar 35%, tetapi tebal daur ulang foam bitumen yang tidak terlalu berbeda jauh hanya sekitar 20%. Perbedaan nilai Vehicle Damage Factor (VDF) merupakan salah satu indikator yang mempengaruhi jumlah kumulatif beban lalu lintas rencana (CESA). Sementara faktor utama yang mempengaruhi ketebalan lapis recycling adalah perbedaan pada nomogram dan rumus-rumus yang digunakan pada tiap metode. Kata kunci : perkerasan daur ulang, perencanaan tebal, CMRFB (Cold Mix Recycling by Foam Bitumen)

Copyrights © 2013