Jurnal Teknik Sipil USU
Vol 2, No 3 (2013): JURNAL TEKNIK SIPIL USU VOLUME 2 NO.3 TAHUN 2013

KORELASI PENGETAHUAN ATURAN SIMPANG PRIORITAS TERHADAP PERILAKU BERLALU LINTAS PADA PENGENDARA SEPEDA MOTOR PEREMPUAN (STUDI KASUS: LINGKUNGAN KAMPUS UNIVERSITAS SUMATERA UTARA)

Nurul Aini (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK Persimpangan merupakan pertemuan dua atau lebih ruas jalan yang berada pada satu bidang. Peraturan mengenai simpang prioritas bertujuan untuk memberikan panduan dalam berkendara yang aman dan selamat. Pengetahuan mengenai simpang prioritas diharapkan dapat mempengaruhi perilaku dalam berkendara. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan pengendara mengenai aturan simpang prioritas dan hubungannya dengan perilaku dalam berkendara. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat instrumen penelitian. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Sumatera Utara yang dapat mengendarai sepeda motor. Populasi mahasiswi yang dapat mengendarai motor tidaklah dapat diketahui secara pasti, oleh karena itu jumlah sampel dilihat berdasarkan tabel jumlah sampel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan kesalahan error sebesar 5% sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 350 sampel. Kemudian data yang telah dikumpulkan dari kuesioner tersebut dianalisis dengan metode analisa korelasi dan regresi. Dari data yang terkumpul, hasilnya menunjukkan bahwa kategori pengetahuan dan perilaku responden berada pada kategori sedang, yang artinya bahwa responden memiliki pengetahuan yang cukup mengenai simpang prioritas. Analisis regresi menunjukkan bahwa R bernilai 0,502. Ini berarti bahwa korelasi atau hubungan antara pengetahuan dengan perilaku sudah cukup atau berada pada tingkatan sedang. R kuadrat bernilai 0,252 yang berarti hanya 25,2% saja dari pengetahuan yang mempengaruhi perilaku berkendara, sementara sisanya dipengaruhi oleh alasan lain. Dan pada pengendara dengan periode berkendara lebih dari 9 tahun ternyata memiliki koefisien korelasi yang cukup besar yaitu 0,792 dan R kuadrat bernilai 0,627 yang berarti sebesar 62,7% dari perilaku dapat dijelaskan dari pengetahuan. Kata Kunci: simpang prioritas, pengetahuan, perilaku berkendara

Copyrights © 2013