Jurnal Ilmu Perpustakaan
Vol 6, No 3 (2017): Agustus 2017

PENGARUH PENDIDIKAN FORMAL PSTAKAWAN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN UNDANG UNDANG HAK CIPTA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Saputri, Julia Mahahika Ediana (Unknown)
Indrahti, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pendidikan Formal Pustakawan Terhadap Tingkat Pemahaman Undang UndangHak Cipta di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui gambaran yang lebih mendalam tentang pengaruh pendidikan formal pustakawan terhadap tingkatpemahaman Undang Undang Hak Cipta. Penelitian ini menggunakan desain dan jenis penelitian kuantitatifdeskriptif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan penggunaan teknik sampel jenuh, denganjumlah sampel sebanyak 17 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahmenggunakan kuesioner berskala Likert 1 sampai 5. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalahdengan SPSS 16.00. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Uji korelasi Pearson yang dilakukan untuk mengetahuihubungan antar variabel diperoleh nilai 0,611. Uji Regresi sederhana diketahui bahwa latar belakang pendidikanformal berpengaruh 4.365 terhadap tingkat pemahaman undang-undang hak cipta. Hasil uji t diperoleh bahwa latarbelakang pendidikan formal berpengaruh signifikan secara positif terhadap Tingkat pemahaman undang undang hakcipta.

Copyrights © 2017