Penelitian ini membahas mengenai efektivitas produk kemas ulang informasi berupa infografissebagai media pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Tujuan dari penelitian iniadalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan kemas ulang informasi berupa infografis sebagaimedia pembelajaran mata pelajaran IPA siswa kelas VII di SMP N 1 Tembarak. Desain penelitian inimenggunakan one group pretest posttest design, yaitu penelitian eksperimen yang dilaksanakan padasatu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasVII SMP N 1 Tembarak. Sampel yang digunakan yaitu 34 siswa dengan pengambilan teknik clusterrandom sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pre test dan post test. Analisis datadilakukan dengan menggunakan statistik parametrik yaitu uji t. Pengambilan keputusan dari hasiluji t adalah jika probabilitas lebih dari 0,05 maka Ho diterima, Ha ditolak, sebaliknya jikaprobabilitas kurang dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwapenggunaan kemas ulang informasi berupa infografis efektif sebagai media pembelajaran matapelajaran IPA siswa kelas VII di SMP N 1 Tembarak yang dapat dilihat dari hasil uji signifikansi p =0,000 yang berarti nilai p < 0,05.
Copyrights © 2017