Skripsi ini berjudul “Peran Pustakawan dalam Pembelajaran Literasi Informasi MahasiswaUniversitas Katolik Soegijapranataâ€. Latar belakang pada penelitian didasari oleh keadaan saatini dimana perpustakaan perguruan tinggi jarang mengajarkan literasi informasi bagimahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggambaran peran pustakawandalam pembelajaran literasi informasi mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata. Penelitianini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan adalahdata primer dan data sekunder, dengan metode pengumpulan data wawancara dan observasi.Informan yang dipilih pada penelitian ini berjumlah tujuh orang yang terdiri dari enammahasiswa dan satu pustakawan. Pemilihan informan pada penelitian ini diambil menggunakanteknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan menggunakan model analisis datamilik Miles & Huberman. Menerapkan aspek yang dimiliki Wheeler dan Pamela McKinneytentang peran pustakawan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pustakawan memiliki peransebagai pendukung pembelajaran (learning support), pustakawan yang mengajar (librarian whoteaches), ataupun pelatih (trainer) literasi informasi.
Copyrights © 2017