Jurnal Ilmu Perpustakaan
Vol 6, No 3 (2017): Agustus 2017

PENGARUH PENDIDIKAN PEMAKAI TERHADAP LIBRARY ANXIETY PADA PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 TEGAL

Cahyaningtyas, Annisa Dwi (Unknown)
Rohmiyati, Yuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendidikan pemakai berpengaruh terhadap tingkat library anxiety pemustaka di perpustakaan SMAN 1 Tegal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan desain klasik. Sampel yang diambil berjumlah 30 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Analisis data menggunakan Wilcoxon rank test dan U Mann Whitney test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa seluruh responden kelompok uji mengalami kenaikan skor posttest setelah diberikan treatment pendidikan pemakai. Sedangkan pada kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment, 11 responden (73,33%) mengalami penurunan skor posttest, 3 responden (20%) mengalami kenaikan skor, dan 1 responden (6,66%) memiliki skor yang sama antara pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji signifikansi posttest didapatkan nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05 , maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan menerima hipotesis alternatif (Ha). Dapat disimpulkan bahwa pendidikan pemakai berpengaruh terhadap library anxiety pemustaka di perpustakaan SMAN 1 Tegal.

Copyrights © 2017