Peningkatan kualitas manajemen transportasi laut dalam mengatur keluar-masuknya kapalĀ melalui narrow channel dengan penggunaan teknologi AIS (Automatic Identification System) dan danger zone telah diterapkan. AIS dapat memberikan informasi statis dan dinamis dari kapal kepada kapal lain maupun kepada pihak Vessel Traffic Service di darat. Pengendalian otomatis dalam mengatur keluar-masuknya kapal dapat dilakukan dengan memanfaatkan data AIS untuk penentuan danger zone dan kontrol kecepatan kapal. Pada Tugas Akhir ini telah berhasil dilakukan perancangan sistem kontrol otomatis dalam mengatur keluar-masuknya kapal di daerah narrow channel berdasarkan data AIS dan danger zone. Sistem kontrol yang digunakan adalah logika fuzzy tipe Sugeno untuk mengendalikan manuver dan fuzzy tipe Mamdani untuk mengendalikan kecepatan kapal dan penentuan danger zone dalam upaya pengaturan keluar-masuk kapal di daerah narrow channel. Kapal yang digunakan adalah LCT Bintang Samudra II dengan diberikan halangan di depan dan di kiri kapal, serta gangguan berupa arus laut dan kecepatan angin dengan sudut datang 300 dan 1500.
Copyrights © 2013