Jurnal EMPATI
Jurnal Empati: Volume 4, Nomor 1, Tahun 2015 (Januari 2015)

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP IKLIM SEKOLAH DENGAN INTENSI BULLYING PADA SISWA SD ISLAM X

Pristi Mutia Hanitis (Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)
Siswati Siswati (Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)
Imam Setyawan (Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2015

Abstract

Sekolah bukan sekadar tempat mengasah intelektualitas, tetapi juga sebagai tempat pembentukan sikap dan kebiasaan yang wajar, perangsang potensi, pengembang kecakapan umum, memperoleh pengajaran, belajar bekerja sama, belajar menahan diri demi kepentingan orang lain serta pengembangan konsep diri siswa, untuk itu sekolah harus mampu menciptakan iklim sekolah yang menunjang sehingga membentuk lingkungan belajar yang sehat. Ketidakmampuan sekolah dalam menciptakan iklim sekolah yang sehat dapat menimbulkan persepsi negatif terhadap iklim sekolah oleh siswa. Iklim sekolah yang dipersepsikan negatif dapat menimbulkan intensi perilaku maladjustment, misalnya bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap iklim sekolah dan intensi bullying pada siswa sekolah dasar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 dan 5 SD Islam X sebanyak 256 siswa. Sampel penelitian berjumlah 97 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah Skala Psikologi yaitu skala Skala Intensi Bullying (19 aitem valid, α = 0,845) dan Skala Persepsi terhadap Iklim Sekolah (20 aitem valid, α = 0,724). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif antara persepsi terhadap iklim sekolah dan intensi bullying pada siswa sekolah dasar (rs = -0,175; p < 0,05).

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

empati

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal EMPATI is a scientific publication media that will be published six times a year in February, April, June, August, October, and December. Jurnal EMPATI is a scientific publication that accommodates scientific articles and empirical studies in Clinical Psychology, Developmental Psychology, ...