Jurnal EMPATI
Jurnal Empati: Volume 4, Nomor 4, Tahun 2015 (Oktober 2015)

KONSEP DIRI DENGAN KECENDERUNGAN BULLYING PADA SISWA KELAS XI SMK

Maretha Ayu Saraswati (Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)
Dian Ratna Sawitri (Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2015

Abstract

Siswa kelas XI berada pada usia remaja yang ingin mencoba banyak hal baru. Pengalaman yang siswa peroleh akan membentuk konsep diri pada diri siswa. Remaja yang memiliki konsep diri yang positif, akan mampu untuk menghargai diri dan juga lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kecenderungan bullying pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Semarang. Konsep diri adalah penilaian individu mengenai kemampuan dirinya serta  melakukan evaluasi dari lingkungan di sekitarnya. Kecenderungan bullying adalah keinginan yang mengarah pada keinginan untuk menyakiti orang lain yang lebih lemah, baik secara fisik maupun verbal dan non-verbal yang dilakukan secara berulang. Populasi penelitian terdiri atas 173 siswa kelas XI yang terdiri dari 6 kelas, dengan sampel penelitian adalah 84 siswa dari 3 kelas yang diperoleh dengan menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Konsep Diri (31 aitem; α= 0,91) dan Skala Kecenderungan Bullying (32 aitem; α=0,90). Hipotesis yang diajukan adalah adanya hubungan negatif dan signifikan antara konsep diri dan kecenderungan bullying. Analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan negatif dan signifikan antara konsep diri dengan kecenderungan bullying(rxy= -0,30; p < 0,001). Konsep diri memberikan sumbangan efektif sebesar 9% terhadap kecenderungan bullying, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

empati

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal EMPATI is a scientific publication media that will be published six times a year in February, April, June, August, October, and December. Jurnal EMPATI is a scientific publication that accommodates scientific articles and empirical studies in Clinical Psychology, Developmental Psychology, ...