Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara psychological well being dengan efikasi diri pada guru bersertifikasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru bersertifikasi di SMA Negeri Kabupaten Pati sebanyak 320 orang. Sampel penelitian sebanyak 167 guru berasal dari SMA N 1 Pati, SMA N 3 Pati, SMA N 1 Tayu dan SMA N 1 Kayen yang didapatkan dengan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala efikasi diri sebanyak 25 aitem (α = 0,898) dan skala psychological well being sebanyak 36 aitem (α = 0,922). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan rxy = 0,777dengan p = 0,000 (p<0,05) sehingga disimpulkan ada hubungan positif antara psychological well being dengan efikasi diri. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi psychological well being, maka semakin tinggi efikasi diri guru bersertifikasi. Sebaliknya, semakin rendah psychological well being, maka semakin rendah efikasi diri guru bersertifikasi. Psychological well being memberikan sumbangan efektif sebesar 60,4% pada efikasi diri.Â
Copyrights © 2017