Jurnal EMPATI
Jurnal Empati: Volume 3, Nomor 2, Tahun 2014 (April 2014)

PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN BERBAHASA JAWA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Monika Aprilia Dwi Astuti (Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)
Siswati Siswati (Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2014

Abstract

Memahami dan menangkap inti bacaan dibutuhkan proses yang kompleks, dibutuhkan adanya interaksi dengan teks dan pengetahuan kosakata yang memadai. Siswa yang memiliki sedikit kosakata Bahasa Jawa akan lebih sulit dalam memahami bacaan berbahasa Jawa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap peningkatan pemahaman bacaan pada siswa kelas V Sekolah Dasar.      Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas V Sekolah Dasar yang berusia 10-11 tahun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain eksperimen nonrandomized pretest-posttest control group design. Subyek penelitian berjumlah 22 orang. Perlakuan berupa metode bermain peran dilakukan selama enam kali pertemuan, setiap pertemuan berdurasi 90 menit.      Hasil pengujian hipotesis dengan teknik statistik nonparamatrik Wilcoxon test pada kelompok eksperimen menunjukkan tidak ada perbedaan pemahaman bacaan berbahasa Jawa antara sebelum dengan sesudah diberikan perlakuan. Hasil perhitungan Mann Whitney test pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan ada perbedaan pemahaman bacaan berbahasa Jawa sesudah diberikan perlakuan. Pemahaman bacaan berbahasa Jawa akan lebih mudah jika siswa terbiasa membaca bacaan Bahasa Jawa.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

empati

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal EMPATI is a scientific publication media that will be published six times a year in February, April, June, August, October, and December. Jurnal EMPATI is a scientific publication that accommodates scientific articles and empirical studies in Clinical Psychology, Developmental Psychology, ...