Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 8, No 2 (2019)

Identifikasi Karakteristik Merchant dalam Mengadopsi Layanan Mobile Payment Studi Kasus: Merchant OVO dan Merchant Gopay di Surabaya

Yusuf Abdurahman Baraja (Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Janti Gunawan (Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2020

Abstract

Layanan mobile payment adalah industri yang berkembang di Indonesia. Go-Pay dan OVO adalah dua penyedia utama mobile payment, yang masing-masing memiliki merchant sebanyak 95.000 dan 9000. Studi sebelumnya menekankan adopsi mobile payment dari perspektif pengguna dan orang lain membahas hubungannya dengan mobile banking. Tidak seperti penelitian sebelumnya, penelitian ini menguji adopsi layanan mobile payment dari perspektif pedagang, terutama usaha kecil dan menengah (UKM). UKM berkontribusi terhadap 60% PDB di Indonesia dan ada sekitar 59,2 juta UKM di Indonesia. Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi mobile payment UKM, penelitian ini dapat berkontribusi pada proses digitalisasi UKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi UKM terhadap niat untuk mengadopsi layanan OVO dan Go-Pay. Pekerjaan yang sedang berjalan ini dilakukan di Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, dengan fokus pada penyedia layanan mobile payment Go-Pay dan OVO. Penelitian ini mengadopsi model penelitian dari teori behavior reasoning untuk menguji pengaruh relatif antara alasan pendorong dan alasan yang menghambat terhadap adopsi. 110 pedagang yang telah menggunakan Go-Pay atau OVO dalam satu bulan terakhir akan disurvei, dan hasil penelitian ini akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis deskriptif, kemudian digunakan analisis distribusi frekuensi untuk melihat karakteristik hasil menunjukkan bahwa alasan terhadap adopsi tidak memiliki pengaruh pada niat pedagang untuk mengadopsi ini, yang berbanding terbalik dengan alasan adopsi yang memiliki pengaruh pada niat untuk mengadopsi

Copyrights © 2019