Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 2, No 1 (2013)

Perancangan Buku Pepak Visual Dwibahasa Jawa – Indonesia untuk Sekolah Dasar

Dinar Wahyu Herlambang (Jurusan Desain Produk Industri FTSP ITS)
Sayatman Sayatman (Jurusan Desain Produk Industri FTSP ITS)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2013

Abstract

Bahasa Jawa merupakan salah satu kebudayaan warisan nenek moyang yang harus terus dilestarikan. Namun yang terjadi adalah justru semakin banyak generasi muda Jawa yang kurang memahami Bahasa Jawa sehingga minat untuk menggunakan dan mempelajarinya semakin berkurang. Di lain pihak Bahasa Jawa adalah mata pelajaran wajib bagi murid Sekolah Dasar. Karena mereka mengalami kesulitan belajar Bahasa Jawa, sehingga mereka membutuhkan Pepak. Namun, Pepak yang selama ini ada tidak dibuat khusus untuk anak – anak, sehingga mereka sulit memahami materinya dan kurang tertarik menggunakannya. Dari problematika tersebut, penulis mencoba merancang buku Pepak Bahasa Jawa dengan format yang lebih atraktif dan komunikatif melalui proses identifikasi masalah, studi literatur, studi eksisting, kompetitor, dan komparator,  studi karakteristik anak SD, hingga muncul suatu konsep solusi berupa Buku Pepak Bahasa Jawa dengan format Cerita Bergambar. Dengan dibuatnya buku Pepak dengan format yang baru, diharapkan dapat menjadi sebuah alternatif buku referensi pembelajaran Bahasa Jawa yang mudah digunakan, materinya mudah dipahami, dan membuat anak menjadi lebih tertarik dalam belajar Bahasa Jawa

Copyrights © 2013