Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 3, No 1 (2014)

Perancangan Event Support Craft and Fashion 2014 Dengan Konsep Exclusive Heritage

Victor Adiluhung Abednego (Desain Produk Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Jl. Arief Rahman Hakim, Surabaya 60111)
Sayatman Sayatman (Desain Produk Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Jl. Arief Rahman Hakim, Surabaya 60111)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2014

Abstract

Dunia UKM di Indonesia (termasuk UKM bidang craft dan fashion) saat ini menggeliat menuju perkembangan yang baik, produk-produknya pun semakin berkualitas. Craft and Fashion sebagai event pameran UKM terbesar di Indonesia Timur memfasilitasi kebutuhan UKM akan sebuah acara yang dapat mempromosikan produk dan bidang usaha mereka. Namun tujuan tersebut tidak diimbangi dengan strategi media dan visual yang terintegrasi, hal ini menyebabkan awareness masyarakat terhadap event ini menurun tiap tahunnya. Untuk menyelesaikan problematika tersebut maka dibentuklah perancangan ini, perancangan ini sendiri melingkupi studi dan perancangan identitas event, pemeilihan dan perancangan media dan implementasi media-media pendukung event tersebut. Dengan mengusung konsep Exclusive Heritage desain ini diharapkan dapat diterima dengan mudah oleh target segmen sehingga event ini dapat berjalan sesuai konsep yang diinginkan dan pengunjung pun dapat tertarik untuk datang ke event ini. Melalui konsep Exclusive Heritage ini produk-produk UKM dapat ditampilkan secara elegan, glamor dan terkesan mewah tanpa harus meninggalkan unsure tradisional dari produk-produk tersebut. Logo dibuat berdasarkan deformasi dari bentuk motif batik khas Jawa Timur, sedangkan untuk media-media menggunakan fotografi sebagai elemen utama dalam desainnya.

Copyrights © 2014