Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 8, No 2 (2019)

Desain Interior Daycare & Preschool sebagai Pendukung Metode BCCT dengan Implementasi Konsep Stimulating Space

Nihla Azkiya (Departemen Desain Interior Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Nanik Rachmaniyah (Departemen Desain Interior Institut Teknologi Sepuluh Nopember)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2020

Abstract

Pendidikan prasekolah menjadi sebuah hal yang lazim ditemui pada era modern ini. Hal ini didasari oleh perkembangan anak yang dimulai dari usia dini, dan pentingnya pembentukan karakter serta pendidikan maupun pembelajaran dini yang sangat berpengaruh pada keberhasilan anak menghadapi masa depan. Untuk mendukung landasan tersebut, terciptanya sarana pendidikan prasekolah yang ditujukan untuk anak berusia 0-6 tahun.  Bentuk dari sarana tersebut dapat berupa fasilitas penitipan anak (daycare), taman bermain (playgroup), maupun taman kanak-kanak (kindergarten). Menurut penelitian, diketahui bahwa lingkungan prasekolah memiliki pengaruh yang besar terhadap pekembangan anak usia dini. Salah satu wujud dari lingkungan tersebut adalah sebuah desain interior pada sarana prasekolah. Perancangan ini akan memperhatikan pengaruh konsep stimulating spacepada desain interior dan keterlibatannya dalam mendukung metode Beyond Center and Circle Time(BCCT). Melalui konsep ini, aspek-aspek perkembangan anak akan distimulasi melalui elemen-elemen yang hadir pada desain interior fasilitas prasekolah. Stimulasi yang diciptakan ini diharapkan dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan anak usia dini serta sesuai dengan metode pembelajaran BCCT yang diterapkan pada sarana prasekolah.

Copyrights © 2019