Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi

Hierarchical Market Basket Analysis berbasis Algoritma Apriori

David Boy Tonara (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2015

Abstract

Market Basket Analysis adalah salah satu metode pada data mining yang menitik beratkan pada kecenderungan sifat yang sama pada sebuah kondisi. Pada implementasinya Market Basket Analysis sering digunakan untuk menganalisa kecenderungan pembelian seseorang pada saat yang sama. Salah satu kekurangan penggunaan Algoritma Apriori pada Market Basket Analysis adalah ketidakmampuannya untuk memperhatikan hirarki dalam membentuk model pengetahuan yang dihasilkan. Hal ini dikarenakan Algoritma Apriori hanya bekerja pada jajaran level yang sama. Artikel ini akan membahas mengenai modifikasi yang dapat dilakukan pada Algoritma Apriori sehingga dapat digunakan untuk menganalisa kecenderungan dengan memperhatikan hirarki. Modifikasi Algoritma Apriori ini diimplementasikan pada data dummy toko roti. Modifikasi algoritma Apriori menjadi memperhatikan hirarki atau pengkategorian menghasilkan rule-rule yang lebih inovatif dan tidak dapat dihasilkan dari algoritma Apriori biasa. Modifikasi algoritma Apriori ini tetap membutuhkan pengujian pada kondisi data dunia nyata, walaupun di atas kertas sudah terlihat kelebihannya dibandingkan algoritma Apriori standart.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JUISI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

JUISI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) (e-ISSN: 2477-5452; p-ISSN: 2460-1306) merupakan jurnal yang terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan November. Jurnal ini berfokus pada tulisan hasil telaah konseptual dan hasil penelitian yang berkaitan dengan bidang informatika dan sistem ...