Humanitas: Indonesian Psychological Journal
Vol 8, No 1: Januari 2011

EFIKASI DIRI, DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII

Nobelina Adicondro (Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
Alfi Purnamasari (Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2011

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) Mengetahui hubunganantara efikasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan self regulatedlearning (2) Mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan self regulatedlearning (3) Mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga denganself regulated learning. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa KelasVIII SMP Muhammadiyah. Total sampel penelitian berjumlah 62 siswayang dipilih dengan tekhnik cluster random sampling. Data di dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan Skala Self Regulated Learning, Skala Efikasi Diri dan Skala Dukungan Sosial Keluarga. Datakemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi. Hasilanalisis data menunjukkan: (1) Ada hubungan positif yang sangat signifikanantara efikasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan self regulatedlearning (r=0,837, p=0,000) (2). Ada hubungan positif yang sangatsignifikan antara efikasi diri dengan self regulated learning (r = 0,836p=0,000). (3). Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungansocial keluarga dengan self regulated learning (r = 0,418 p=0,002).

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

HUMANITAS

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

HUMANITAS (ISSN: 1693-7236) focuses on psychology research and cover all branch of psychology sciences. This journal is peer-review. Jurnal Humanitas berfokus pada penelitian psikologi and mencakup semua cabang ilmu psikologi. Jurnal ini merupakan jurnal ...