Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan orientasi masa depan, terhadap peningkatan orientasi masa depan siswa dan hubungan orientasi orientasi masa depan dengan harapan keberhasilan studi. Subjek penelitian adalah siswa SMA kelas X Semarang, berjumlah 37 orang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan desain one group pre tes post tes. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala, yaitu skalaorientasi masa depan dan skala harapan keberhasilan studi. Uji beda digunakan sebagai teknik analisis data untuk mengetahui perbedaan orientasi masa depan sebelum dan sesudah pelatihan dilakukan dan teknik korelasi product mement digunakan untuk mengetahui hubungan antara orientasi masa depan dengan harapan keberhasilan studi siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh koefisien nilai Z=-5,304, artinya terdapat perbedaan orientasi masa depan pada siswa sebelum dan sesudah pelatihan. Pelatihan orientasi masa depan terbukti meningkatkan orientasi masa depan siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan besarnya koefisien koerelasi sebesar r=0, 477, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara orientasi masa depan dengan harapan keberhasilan studi siswa. Semakin tinggi orientasi masa depan siswa maka semakin tinggi harapan akan keberhasilan studi siswa.
Copyrights © 2015