Humanitas: Indonesian Psychological Journal
Vol 10, No 1: Januari 2013

KEPRIBADIAN, KOMUNIKASI, KELOMPOK TEMAN SEBAYA, IKLIM SEKOLAH DAN PERILAKU BULLYING

Irvan Usman (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2013

Abstract

Saat ini, perilaku bullying marak terjadi pada siswa di sekolah. Beberapa penelitian terdahulu berupaya mengetahui penyebab dan akibat perilaku bullying pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan kepribadian, komunikasi, kelompok teman sebaya dan iklim sekolah terhadap perilaku bullying padasiswa SMA di Kota Gorontalo. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi dari tiga SMA di Kota Gorontalo yang berjumlah 103 siswa. Data dikumpulkan melalui beberapa skala yaitu skala kepribadian, skala komunikasi, skala pengaruh teman sebaya, dan skala perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknikan alisis regresi untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kepribadian, komunikasi interpersonal remaja dengan orang tua, peran kelompok teman sebaya dan iklim sekolah terhadap perilaku bullying pada siswa SMA di kota Gorontalo.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

HUMANITAS

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

HUMANITAS (ISSN: 1693-7236) focuses on psychology research and cover all branch of psychology sciences. This journal is peer-review. Jurnal Humanitas berfokus pada penelitian psikologi and mencakup semua cabang ilmu psikologi. Jurnal ini merupakan jurnal ...