Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Mengetahui hubungan antara motivasi intrinsic kerja guru dengan kinerja guru; (2) Mengetahui hubungan antara motivasi ekstrinsik kerja guru dengan kinerja guru; (3) Mengetahui hubungan antara kompetensi guru dengan kinerja guru. Data dikumpulkan dengan beberapa skala yaitu: skala motivasi intrinsik, skala motivasi ekstrinsik, skala kompetensi dan pengukuran kinerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah guru-guru SMP Kota Ternate Utara yang berjumlah 160 orang, Sedangkan sampel dalam penelitian adalah sebagian dari guru SMP Kota Ternate Utara yang diambil melalui teknik cluster sampling sejumlah 105 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi intrinsic memiliki pengaruh yang signifikan dengan kinerja guru, (2) terdapat hubungan yang positif antara motivasi ekstrinsik dengan kinerja guru. (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kompetensi dengan kinerja guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013