ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Vol 7, No 2 (2019): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

Kreasi Lagu Anak Berbahasa Inggris (Nursery Rhymes) sebagai Media untuk Mengenalkan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini

Wahyuningsih, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Artikel ini membahas tentang pentingnya meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anak usia dini melalui kreasi dan modifikasi lagu-lagu anak berbahasa Inggris (nursery ryhmes) dan kendala dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pada analisis deskriptif. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan penelitian lapangan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil menunjukkan bahwa kreasi lagu-lagu anak berbahasa Inggris sangat berguna sebagai media untuk mengenalkan bahasa Inggris pada anak-anak usia dini di Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) di Kudus. Dengan menyanyikan lagu-lagu anak berbahasa Inggris, anak-anak merasa lebih tertarik dan semangat dalam belajar bahasa Inggris. Mereka merasa lebih santai karena belajar kosa kata bahasa Inggris sambil bernyanyi, mereka tidak merasa tertekan (stress) pada saat pembelajaran di kelas. Melalui bernyanyi, perkembangan anak dapat terstimulasi dengan maksimal seperti fisik-motorik, sosial, emosional, dan intelektual. Adapun kendala-kendala selama pembelajaran meliputi terbatasnya daya perhatian dan konsentrasi anak terhadap guru ketika mengajar bahasa Inggris, terbatasnya wawasan dan pengetahuan yang luas dari guru-guru di KB dan TK tentang pengajaran bahasa Inggris, terbatasnya sarana penunjang dan fasilitas dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Copyrights © 2019