Jurnal Komunikasi
Vol 13, No 2 (2019): September

STRATEGI KOMUNIKASI INOVASI DALAM PERUBAHAN SISTEM PERTANIAN JAGUNG HIBRIDA MADURA-3 DI KABUPATEN PAMEKASAN

Imam Sofyan (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Bertani jagung menjadi budaya sekaligus kebutuhan bagi masyarakat Madura, tidak saja sebagai penyedia sumber makanan khas, melainkan juga penopang perekonomian masyarakat lokal. Hal tersebut, mendorong perlunya pendekatan komunikasi penyuluhan untuk mengajak masyarakat petani berpindah dari sistem pertanian jagung biasa ke jagung hibrida Madura-3 guna peningkatan produktifitas. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan strategi komunikasi dalam penyebaran inovasi jagung hibrida M3 pada petani Madura. Setting penelitian mengambil petani jagung lokal di wilayah kecamatan Pasean Pamekasan. Dengan metode deskriptif, data digali melalui wawancara dan observasi semi partisipatoris terhadap kelompok-kelompok tani. Hasil penelitian menggambarkan bahwa proses komunikasi inovasi dilakukan melalui empat tahapan, yakni sosialisasi, peran poktan, demoplot, dan pendampingan. Penerusan pesan berjalan melalui konteks saluran komunikasi interpersonal, kelompok, opinion leader, gethok tular. Selanjutnya pola penerimaan inovasi oleh petani berlangsung lewat pendampingan, bimtek dan pemanfaatan rumah pertanian. 

Copyrights © 2019