Pengetahuan berperan dalam memberikan wawasan terhadap terbentuknya sikap dan akan diikuti dengan motivasi serta tindakan guru dalam memberikan pertolongan pertama sinkop pada siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan motivasi guru dalam memberikan pertolongan pertama sinkop pada siswa di SDN 1 Landungsari dan SDN Mulyoagung IV Kabupaten Malang. Penelitian ini mengunakan cross sectional. Populasi penelitian sebanyak 44 guru dengan sampel sebanyak 23 responden. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.Instrumen menggunakan kuesioner tingkat pengetahuan dan motivasi. Metode uji analisis data menggunakan uji Chi Square dengan tingkat signifikan 0,05. Hasil penelitian membuktikan bahwa lebih dari separuh (56,5%) responden memiliki tingkat pengetahuan kategori kurang tentang pertolongan pertama siswa sinkop, lebih dari separuh (56,5%) responden memiliki motivasi kategori rendah dalam memberikan pertolongan pertama siswa sinkop. Hasil uji Chi Square didapatkan p-value = (0,000) yang berarti bahwa ada hubungan tingkat pengetahuan dengan motivasi guru dalam memberikan pertolongan pertama sinkop pada siswa di SDN 1 Landungsari dan SDN Mulyoagung IV Kabupaten Malang. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah jumlah sampel penelitian dan memberikan pendidikan kesehatan tentang pertolongan pertama sinkop kepada guru yang memiliki pendidikan rendah, hal ini untuk meningkatkan motivasi guru dalam memberikan pertolongan pertama pada siswa sinkop. Knowledge plays a role in providing insight into the formation of attitudes and will be followed by the motivation and actions of the teacher in giving students a first-aid syncope. The purpose of this study was to determine the relationship of the level of knowledge with teacher motivation in providing synoptic first aid to students at SDN 1 Landungsari and SDN Mulyoagung IV Malang Regency. This study uses a descriptive correlative design with cross sectional approach. The study population was 44 teachers with a sample of 23 respondents. Sampling using simple random sampling. Data collection using a questionnaire level of knowledge and motivation. The data analysis method uses Chi Square test with a significant level of 0.05. The results of the study prove that more than half (56.5%) of respondents have a level of knowledge of the category lacking about the first aid of syncope students, more than half (56.5%) of respondents had low category motivation in giving first aid to syncope students. Chi Square test results obtained p-value = (0,000) which means that there is a relationship between the level of knowledge and the motivation of the teacher in providing synoptic first aid to students at SDN 1 Landungsari and SDN Mulyoagung IV Malang Regency. The next researcher is expected to increase the number of research samples and provide health education about syncope first aid to teachers who have low education, this is to increase the motivation of teachers in providing first aid to syncope students. Keywords: Victim; Experience; Synchronous Handling
Copyrights © 2019