Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji penerapan prinsip-prinsip etika dalam pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bombana. Penelitian kualitatif ini menggunakan strategi studi kasus deskirptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumen. Informan penelitian berjumlah lima belas orang, terdiri dari kepala kepala dinas, sekretaris, kepala bidang, staf pegawai dan anggota masyarakat pengguna jasa, yang ditentukan secara purposif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip etika yang terdiri dari jujur, integritas, memegang janji, setia, adil, perhatian, hormat, kewarganegaraan kaum profesional, keunggulan, akuntabilitas dan menjaga kepercayaan publik merupakan nilai yang dicerminkan dalam pelaksanaan pelayanan administrasi publik oleh para aparatur yang ada pada Dinas Kependudukan dan pecatatan Sipil Kabupaten Bombana dengan berperilaku baik sehingga pekerjaan dapat dilaksanakan dengan lancar sampai selesai. Nilai impersonal menunjukkan sikap perilaku pegawai aparatur dalam bekerja dan melalui nilai ini seorang aparatur dapat mengetahui kualitas sumber daya diri sendiri dari penilaian atasan dan rekan sekerja dalam pelayanan publik kepada masyarakat yang dilakukan secara efektif, sederhana, jelas dan pasti, terbuka, repsonsif dan adatif Kata Kunci. Penerapan, Etika, Pelayanan publik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019