Media Informatika
Vol 17 No 1 (2018)

Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Audiovisual dalam Upaya Peningkatan Motivasi Belajar dan Adversity Quotient terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Kasus: SMK Rosma Karawang)

Rini Malfiany (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1). Pengaruh penggunaan media Pembelajaran Audiovisual terhadap prestasi belajar. 2). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar. 3). Pengaruh adversity quotient terhadap prestasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Rosma Karawang sebagai kelas eksperimen yaitu Kelas X TKJ, dan Kelas X AP sebagai kelas pembanding. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penarikan sampel penelitian adalah multi stage random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan nilai dan angket. Nilai dan angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan adversity quotient siswa. Instrumen diujikan pada Kelas X TKJ dan Kelas X AP SMK Rosma Karawang. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS ver 16.0. dengan 20 butir pertanyaan. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh variabel koefisien alpha > 0.06, sehingga seluruh pertanyaan dalam setiap variabel adalah reliabel. Kesimpulan berdasarkan analisis data adalah: 1) Ada pengaruh signifikan pemanfaatan media audiovisual terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika dengan nilai P *** taraf signifikasi 5% artinya H0 ditolak. 2) Tidak ada pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar taraf signifikasi 5% artinya H0 diterima, tetapi pada taraf signifikan 1% H0 ditolak. 3) Tidak ada pengaruh signifikan adversity quotient terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran matematika pada taraf signifikan 5% sehingga H0 diterima.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

media-informatika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Media Informatika is a scientific journal published by Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) STMIK LIKMI. Media Informatika aims to publish research results or equivalent to the results of research, thoughts and views, popular knowledge in the fields of informatics, information ...