Ekonomi Bisnis
Tahun 20, No. 2, Juli 2015

Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan terhadap Sikap Penggunaan Layanan Internet Banking (Study Pada Komunitas Virtual E- Banking BCA)

Usfatul Ika Agustina (Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang)
Mohammad Arief (Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi keadaan persepsi manfaat,persepsi kemudahan dan sikap penggunaan layanan internet banking pada komunitas virtual EBanking BCA, pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap sikap penggunaaninternet banking pada komunitas virtual E-Banking BCA. Variabel manakah yang paling dominanmempengaruhi diantara persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap penggunaan internetbanking pada komunitas virtual E-Banking BCA. Penelitian ini dilakukan pada komunitas virtualE-Banking BCA yang tergabung di situs akun jejaring sosial facebook “E-Banking BCA”. Populasidalam penelitian ini yaitu komunitas virtual pengguna internet banking “E-Banking BCA”sebanyak 7.827 dengan sampel sebanyak 72 responden yang dipilih dengan menggunakan tehniksimple random sampling dan menggunakan instrumen berupa kuesioner yang dikirim melaluiemail. Sedangkan tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah tehnik analisis regresi linierberganda. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa persepsi manfaat berpengaruh secarapositif dan signifikan terhadap sikap penggunaan internet banking, sedangkan variabel persepsikemudahan berpengaruh positif dan tidak signifikan, dapat disimpulkan juga bahwa variabel yangpaling dominan berpengaruh adalah variabel persepsi manfaat, dengan tidak diterimanya variabelpersepsi kemudahan ini diharapkan bank sebaiknya memperbaiki fitur menu dan tampilan maupuninterface web sehingga lebih mudah bagi semua nasabah,

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ekobis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

EKONOMI BISNIS (Economics, Management, and Business Journal) is a scientific dan peer-reviewed journal published twice a year (May and October) by Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang, Indonesia. Ekonomi Bisnis tries to serve as a communication media, ...