FKIP e-PROCEEDING
Vol 4 No 1 (2019): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika

SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) PADA PEMBELAJARAN IPA SMP

Dyah Intan Prismasari (Unknown)
Aniek Hartiwi (Unknown)
Indrawati Indrawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pendekatan STEM terhadap hasil belajar IPA siswa SMP kelas 7. Penelitian ini dilakukan dengan metode pre-experimental dengan desain penelitian one group pre-test-post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 dengan jumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan pendekatan STEM. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan pendekatan STEM pada materi pemisahan campuran dengan cara filtrasi (penyaringan) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai gain sebesar 0,4 (kategori sedang).Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Pendekatan STEM

Copyrights © 2019