FKIP e-PROCEEDING
Vol 4 No 1 (2019): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika

PENERAPAN MEDIA POWER POINT PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII

Indi Atma Ayudatami (Unknown)
Indrawati Indrawati (Unknown)
Mustangin Mustangin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pra-eksperimen One Group Pretest–Posttest Design dengan menggunakan satu kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan media power point. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E sejumlah 30 siswa yang akan mengikuti pembelajaran materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes subjektif dengan 5 butir soal yang diberikan saat pre-test dan post-test. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji N-Gain untuk mengukur ketercapaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Kelas VIII yang dibuktikan dengan skor akhir N-Gain sebesar 0,69 dan berdasarkan kriteria N-Gain skor demikian tergolong tinggi.Kata Kunci: Power Point, Hasil Belajar, Struktur dan Fungsi Tumbuhan.

Copyrights © 2019