Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis
Vol. 1 No. 2 (2016)

PERANCANGAN STRUKTUR SALURAN DISTRIBUSI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PERUSAHAAN SLAP

Antonio Nicolas (Unknown)
David S. Kodrat (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2016

Abstract

SLAP adalah perusahaan yang bergerak dibidang fesyen yang memproduksi tas, terutama tas dengan model selempang, tas briefcase dan sling bag. Saluran distribusi yang digunakan SLAP dalam mendistribusikan barang selama ini adalah menggunakan struktur saluran distribusi tingkat 0 dan tingkat 1, dalam pendistribusiannya dilakukan secara langsung dan melalui retailer secara konsinyasi. Penggunaan saluran distribusi yang digunakan ini dirasa belum dapat mengoptimalkan tingkat penjualan perusahaan SLAP, sehingga SLAP ingin melakukan perancangan struktur saluran distribusi dan saluran distribusi untuk bisa meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif eksploratif yang bertujuan untuk mengetahui suatu proses atau pemahaman secara mendalam dengan melakukan penelitian kepada informan yang akan diteliti. Teknik pengambilan datanya dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu informan ditentukan berdasarkan kriteria yang terkait dengan permasalahan penelitian. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh pengguna tas, dengan 6 informan sebagai sampel yang terdiri dari 3 konsumen, 2 saluran distribusi dan 1 kompetitor. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan struktur saluran distribusi dan saluran distribusi pada perusahaan SLAP. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk tas selempang, tas briefcase dan tas slingbag sekarang ini termasuk pada produk orange goods, dimana produk orange goods lebih cocok menggunakan struktur saluran distribusi tingkat nol dan tingkat satu, yakni pendistribusian langsung serta pendistribusian menggunakan satu level perantara, dan saluran distribusi yang digunakan untuk mempermudah pendistribusian ialah menggunakan media offline melalui toko dan pameran untuk memberikan rasa aman dan kepercayaan lebih bagi konsumen, media online lewat website resmi, e-commerce dan sosial media, serta komunitas dan reseller

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

performa

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal penelitian dalam kajian ilmu manajemen dan start-up business berbasis pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan ...