Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami)
Vol 3 No 1 (2019): Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami)

Tahapan Penalaran Analogi dalam Menyelesaikan Masalah Analogi Indirect

Kristayulita Kristayulita (Jurusan Tadris Matematika, UIN Mataram)
Toto Nusantara (Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Malang)
Abdur Rahman As’ari (Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Malang)
Cholis Sa’dijah (Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi tahapan penalaran analogi dalam menyelesaikan masalah analogi indirect. Desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Mataram di kota Mataram. Instrumen yang digunakan berupa masalah analogi yang terdiri atas masalah sumber tentang persamaan kuadrat dan masalah target tentang persamaan trigonometri. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa melakukan penalaran analogi dalam menyelesaikan masalah analogi yang diberikan. siswa dalam menyelesaikan masalah analogi indirect tidak hanya menggunakan tahapan penalaran analogi yang ada. Akan tetapi, siswa melakukan tahapan sebelum melakukan tahapan penalaran analogi berdasarkan Ruppert. Tahapan tersebut disebut dengan tahapan represetation and mathematical modeling, yang dilanjutkan dengan tahapan penalaran analogi yang telah ada. Sehingga tahapan penalaran analogi yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah analogi indirect adalah represetation and mathematical modeling, structuring, mapping, applying, dan verifying. Artinya ada tahapan penalaran analogi yang dikembangkan dari Ruppert. Tahapan penalaran analogi dalam menyelesaikan masalah tergantung dari masalah analogi yang diberikan.

Copyrights © 2019