Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi
Vol 11 No 1 (2016)

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP SISTEM POIN PELANGGARAN DENGAN TINGKAT PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK

Novia Indah, Nur Rochma (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi terhadap sistem poin pelanggaran dengan tingkat perilaku disiplin siswa di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Gresik tahun pelajaran 2014-2015. Untuk mengukur persepsi terhadap sistem poin pelanggaran menggunakan pilihan jawaban Sangat Sesuai (SS), Sesuai (S), Tidak Sesuai (TS), dan Sangat Tidak Sesuai (STS). Sedangkan untuk mengukur perilaku disiplin siswa menggunakan pilihan jawaban Sangat Sering (SS), Sering (S), Pernah (P), dan Tidak Pernah (TP).Untuk menguji validitas skala menggunakan validitas isi (Content Validity). Reliabilitas diuji dengan menggunakan teknik Alpha Cronbach dan perhitungannya menggunakan program SPSS 15.0 for Windows. Data kedua variabel diolah dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan r hitung = 0,327 lebih besar daripada r tabel yaitu sebesar 0,1723 yang berarti signifikan. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara persepsi terhadap sistem poin pelanggaran dengan tingkat perilaku disiplin siswa di SMA Muhammadiyah 1 Gresik.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

psikosains

Publisher

Subject

Humanities Neuroscience Physics Social Sciences Other

Description

PSIKOSAINS adalah jurnal ilmiah yang memuat hasil-hasil penelitian maupun Pemikiran dalam bidang psikolog. Diterbitkan dua kali dalam satu ...