PAEDAGOGIA
Vol 19, No 1 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 1 (2016)

FAKTOR-FAKTOR INTERNAL YANG BERPENGARUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL

Inas Sausan (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia)
Sri Mulyani (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia)
Budi Utami (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal (kemampuan memori, kemampuan matematika, kemampuan analisis, kecerdasan intelektual, kebiasaan belajar, dan motivasi belajar) terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan konsep mol. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA 1 Kajen tahun 2015/2016 sebanyak 134 siswa yang dipilih secara  purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara terpisah kemampuan memori, kemampuan matematika, kemampuan analisis, kecerdasan intelektual, dan motivasi belajar bersifat sangat lemah terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan konsep mol; sedangkan kebiasaan belajar terdapat pengaruh bersifat lemah terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan konsep mol. Pada pengujian menggunakan analisis regresi linier berganda, secara serentak keenam variabel bebas tersebut memberikan pengaruh bersifat lemah terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan konsep mol, dari uji F diperoleh nilai signifikan 0,006 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,362.

Copyrights © 2016