Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya)
2019: Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2019

Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Motorik Siswa

Afipah Muyassarah (Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta)
Tursina Ratu (Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Samawa, Sumbawa Besar)
Muhammad Erfan (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Mataram, Mataram)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2019

Abstract

Abstract: STEM (Science, Technology, Education, and Mathematics) is learning that not only involves scientific and mathematical concepts (cognitive aspects) but also technically about how a concept is obtained (motoric). The aspect of motor ability is one of the aspects obtained by students in the learning process apart from the cognitive and affective aspects, but generally most studies put forward cognitive aspects (learning outcomes) so that motor skills are rarely exposed. Therefore this study aims to find out how much influence the STEM-based Physics Learning has on students' motor skills. This research is a quasi-experimental study with the design of One Groups Pretest-Posttest. Data was collected by student worksheet and Student Motor Skill Assessment Instrument Sheets and analysed by paired sample t-test. The results showed that the results of paired sample t test (t value = -64,761 far below t table) and the obtained N-Gain value was 0.55 (moderate gain) so it can be concluded that STEM-based physics learning is significantly capable of increasing students' motor ability.Abstrak: Pembelajaran STEM (Science, Technology, Education, and Mathematics) merupakan pembelajaran yang tidak hanya melibatkan kosep-konsep sains dan matematika saja (aspek kognitif) tetapi juga secara teknis mengenai bagaimana suatu konsep itu diperoleh (motorik). Aspek kemampuan motorik merupakan salah satu aspek yang diperoleh siswa dalam proses pembelajaran selain daripada aspek kognitif dan afektif, namun umumnya kebanyakan penelitian lebih mengedepankan aspek kognitif (hasil belajar) sehingga kemampuan motorik jarang terekspose. Oleh karena itu penelitian ini bertuuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pembelajaran Fisika berbasis STEM terhadap kemampuan motorik siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen dengan desain One Groups Pretest-Posttest. Data dikumpulkan dengan LKPD dan Lembar Instrumen Penilaian Kemampuan Motorik Siswa serta dianalisis dengan uji-t sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji paired sample t test (nilai t = -64,761 jauh dibawah t tabel (-1.69092), dan nilai N-Gain yang diperoleh sebesar 0,55 (gain sedang) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran fisika berbasis STEM secara signifikan mampu meningkatnya capaian kemampuan motorik siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

prosidingsnfa

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering Physics

Description

Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) merupakan media untuk mempublikasikan hasil Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya (SNFA) yang diselenggarakan oleh Program Studi S2 Ilmu Fisika, Pascasarjana, Universitas Sebelas ...