JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI dan MANAJEMEN BISNIS
Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2019

MEMBANGUN BRAND PREFERENCE MELALUI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PERCEIVED BRAND QUALITY

Michael Kanisius (Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya)
Ari Setiyaningrum (Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan perceived brand quality terhadap brand preference pada konteks perusahaan perbankan. CSR yang diteliti mencakup CSR to environment, CSR to society, CSR to stakeholders, dan CSR reputation. BCA dipilih sebagai obyek penelitian dengan pertimbangan BCA merupakan bank swasta terbaik yang aktif menerapkan CSR. Penelitian dilakukan dengan metode survei melalui pendistribusian kuesioner kepada 173 nasabah BCA yang telah mengetahui tentang program-program CSR dari BCA. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa CSR to environment, CSR to society, CSR to stakeholders, CSR reputation, dan perceived brand quality berpengaruh terhadap brand preference.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JAEMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Juli dan Desember: mulai Volume 6, Nomor 1, Juli 2018. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang Akuntansi, Ekonomi, dan Manajemen ...