Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 2, No 4 (2019)

Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP

Ziva Virgia (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Granita Granita (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Zulkifli Zulkifli (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta dilapangan yang  menunjukkan masih terdapat siswa di SMP Negeri 8 Tapung yang memiliki kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang rendah. Adapun hipotesis penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi metakognitif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah  matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi metakognitif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 8 Tapung tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.B dan VII.C yang diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian  untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil Penelitian  menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi metakognitif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi metakognitif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...