J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan
Vol 4, No 3 (2019): DESEMBER

Implementasi Chatbot Menggunakan Dialogflow dan Messenger Untuk Layanan Customer Service Pada E-Commerce

Chaulina Alfianti Oktavia (Sistem Informasi, STIKI Malang)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2020

Abstract

Customer service merupakan salah satu pendukung terpenting dalam proses bisnis. dengan adanya customer service maka konsumen akan dengan mudah mendapatkan pelayanan mengenai informasi produk yang dibutuhkan. sehingga dibutuhkan sistem layanan yang cepat dan tanggap dalam memberikan respon kepada konsumen. sistem layanan yang saat ini telah berkembang seiring dengan kemajuan teknologi adalah sistem bot. bot atau disebut dengan chatbot merupakan teknologi artificial intelligence yang memberikan respon atau interaksi dengan user melalui pesan teks maupun suara. pada penelitian ini, teknologi chatbot dirancang dengan menggunakan dialogflow yang terdiri dari agent, intent dan training phrase. selanjutnya dilakukan uji coba dengan menggunakan messenger. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem chatbot berhasil dirancang untuk memberikan respon kepada pengguna berdasarkan pertanyaan yang diberikan. Chatbot mampu memberikan respon dengan menyesuaikan kata-kata yang terdapat pada training phrase.Kata Kunci: artificial intelligence, chatbot, dialogflow

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

informatika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan (JIMP) terbit 3 kali dalam satu tahun yaitu dibulan maret, agustus dan desember. Memuat tulisan ilmiah yang berhubungan dengan bidang teknologi informasi serta aplikasi teknik informatika. Jurnal JIMP terbitan berkala ini adalah hasil penelitian dari tugas akhir ...