Jurnal Ilmiah KORPUS
Vol 3, No 2: AGUSTUS 2019

PENGGUNAAN DIKSI DALAM KARANGAN NARASI FANTASI SISWA KELAS VII SMPN 13 KOTA BENGKULU

Surianjani Nufrianti (Unknown)
Ria Ariesta (FKIP UNIB)
Rio Kurniawan (FKIP UNIB)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh diksi dan mendeskripsikan hasil temuan terkait dengan penggunaan diksi dalam karangan narasi dan selanjutnya akan dijadikan sebagai sumber belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi dokumen atau mengambil lembar kerja anak. Penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan penggunaan diksi khususnya ketepatan penggunaan diksi, dengan 10 persyaratan ketepatan penggunaan diksi dengan menggunakan teknik persentase. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti, maka diperoleh 81 data dari 42 karangan narasi siswa. Dari 10 jenis persyaratan ketepatan diksi yang  dianalisis diperoleh hasil ketidaktepatan penggunaan diksi sebagai berikut: penggunaan kata umum dan khusus 11.11%, penggunaan kata konotatif dan denotatif 27.16 %, penggunaan kata yang hampir bersinonim 35.81%, penggunaan kata idiom 4.93%, kelangsungan pilihan kata 11.11%, dan penggunaan kata indra 9.87%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII banyak menggunakan diksi bersinonim pada karangan narasi yang mereka buat dan ketidaktepatan yang ditemukan hanya sedikit, sebagian besar sudah tepat dan sesuai mereka gunakan pada karangan narasi.Kata Kunci: Diksi, Karangan Narasi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

korpus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah KORPUS merupakan jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIB. Jurnal ini memuat dan menyebarluaskan hasil kajian ilmiah dan hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen yang terpilih tentang bahasa, sastra, dan pengajarannya. KORPUS terbit tiga kali dalam setahun, yaitu ...