JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI
Vol 18, No 30 (2011)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TARIF TERHADAP KEPUASAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELI PASIEN RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT ROEMANI MUHAMMADIYAH SEMARANG

handayani, sb (Unknown)
iriyanto, setia - (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan  menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan tarif terhadap kepuasan serta implikasinya pada minat beli pasien rawat inap RS Roemani Muhammadiyah Semarang. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 100 orang pasien rawat inap dari populasi yang berjumlah  11.888 orang  yang diambil selama tahun 2009. Sementara alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model regresi berganda dua tahap.Dari  tiga hipotesis yang diajukan dua diantaranya dapat diterima (terbukti) sementara  yang satu di tolak (tidak diterima). Bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien & kepuasan pasien berpengaruh terhadap minat beli  pasien rawat inap, namun tidak demikian dengan pengaruh tarif terhadap kepuasan pasien rawat inap  , karena memang hipotesisnya tidak terbukti. Kata kunci :  Kualitas pelayanan, tarif, kepuasan dan minat beli. 

Copyrights © 2011