Penelitian dilakukan bertujuan mendapatkan hasil dari dampak Intellectual Intelligence (IQ) dengan kebiasaan pada prestasi belajar, siswa kelas XI Pemasaran 1 SMK Kartini Jember. Dalam pengambilan sampel sebanyak 35 siswa, melalui purposive sampling. Metode pengumpulan data dibantu dengan penyebaran kuesioner yang diberikan pada responden. Sedangkan untuk membuktikan hipotesa penelitian, digunakan uji t dan uji F. Hasil analisis regresi linear berganda, terdapat dampak yang signifikan secara parsial antara Intellectual Intelligence (IQ) dengan kebiasaan pada prestasi belajar, siswa kelas XI Pemasaran 1 di SMK Kartini Jember, hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji t diperoleh nilai thitung (2,373) > ttabel (1,684) untuk variabel kecerdasan intelektual (IQ) dan thitung (2,130) > ttabel(1,684) pada variabel kebiasaan belajar. Pada pengujian secara simultan diperoleh hasil Fhitung (10,498) > Ftabel (3,30) dengan taraf sig. 0,000, sehingga kesimpulan hasil penelitian terdapat dampak antara Intellectual Intelligence (IQ) dengan kebiasaan pada prestasi belajar siswa.
Copyrights © 2020