JURNAL ILMIAH MAHASISWA AGROINFO GALUH
Vol 6, No 2 (2019): Mei 2019

ANALISIS SALURAN PEMASARAN COMRING (Studi Kasus pada UKM Surya di Desa Kertayasa Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis)

Hedi Nur Hidayat (Fakultas Pertanian Universitas Galuh)
Trisna Insan Noor (Fakultas Pertanian Universitas Galuh)
Budi Setia (Fakultas Pertanian Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: saluran pemasaran, biaya pemasaran, marjin dan keuntungan pemasaran serta producer’s share comring pada UKM Surya di Desa Kertayasa Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data yang diperoleh terdiri atas data primer dan data sekunder. Jumlah informan sebanyak 13 orang, satu orang produsen, dua orang pedagang pengumpul dan sepuluh orang pedagang pengecer. Hasil penelitian adalah:Terdapat dua saluran pemasaran yaitu:Saluran I : Produsen ® Pedagang Pengumpul ® Pedagang Pengecer ® Konsumen AkhirSaluran II : Produsen ® Pedagang Pengecer ® Konsumen AkhirPada Saluran I besarnya rata-rata marjin pemasaran Rp 13.000,00 per kilogram, rata-rata biaya pemasaran Rp 485,73 per kilogram, rata-rata keuntungan pemasaran Rp 12.514,27 per kilogram. Pada Saluran II besarnya rata-rata marjin pemasaran Rp 16.000,00 per kilogram, rata-rata biaya pemasaran Rp 133,20 per kilogram, rata-rata keuntungan pemasaran Rp 15.866,80 per kilogram.Producer’s share Saluran I adalah 59,37 persen dan Saluran II adalah 54,28 persen.Saluran I nilai efisiensi pemasarannya adalah 1.52 persen dan Saluran II adalah 0,38 persen.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

agroinfogaluh

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH merupakan jurnal ilmiah berkala yang memuat hasil penelitian dari mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas ...