JURNAL ILMIAH MAHASISWA AGROINFO GALUH
Vol 7, No 1 (2020): Januari 2020

ANALISIS SALURAN PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA VARIETAS BISI 2 (Zea mays Linn) (Suatu Kasus di Desa Handapherang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis)

fadiel permadi gojali (Fakultas Pertanian universitas Galuh)
Muhamad Nurdin Yusuf (Fakultas Pertanian Universitas Galuh Ciamis)
Dani Lukman Hakim (Fakultas Pertanian Universitas Galuh Ciamis)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2020

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat dua saluran pemasaran jagung dari Desa Margaharja ke Pasar Ciamis yaitu : Saluran I : Petani – Konsumen Akhir. Saluran II : Petani – Pedagang Pengumpul Handapherang – Pedagang Pengecer Pasar Ciamis– Konsumen. 2) Marjin pemasaran pada masing-masing lembaga pemasaran pada saluran I Rp 0,-. Sedangkan pada saluran II besarnya marjin pemasaran di pedagang pengumpul Rp 600,- per kilogram dan pedagang pengecer Rp 600,- per kilogram. 3)  Dari hasil perhitungan diperoleh nilai  farmer’s share saluran I adalah sebesar 100 persen, artinya harga yang diterima petani adalah sebesar 100 persen dari harga yang dibayarkan oleh konsumen, karena petani menjualnya langsung ke konsumen akhir. Sedangkang saluran II adalah sebesar 77,35 persen, artinya harga yang diterima petani adalah sebesar 77,35 persen dari harga yang dibayarkan oleh konsumen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

agroinfogaluh

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH merupakan jurnal ilmiah berkala yang memuat hasil penelitian dari mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas ...