Jurnal Penelitian Agrisamudra
Vol 4 No 1 (2017)

Analisis Pemasaran Pisang (Musa paradisiaca, L) Di Kota Langsa

Rozalina Rozalina Rozalina (Universitas Samudra)
aji akbar (Alumni Fakultas Pertanian Universitas Samudra)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2017

Abstract

Analisis Pemasaran Pisang (Musa paradisiaca, L) Di Kota Langsa. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui saluran pemasaran pisang di Kota Langsa, untuk mengetahui share margin pemasaran pisang pada masing-masing saluran pemasaran di Kota Langsa dan untuk mengetahui efisiensi pemasaran pisang di Kota Langsa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey. Lokasi penelitian di Kota Langsa dengan pertimbangan bahwa di Kota Langsa terdapat pedagang yang melakukan kegiatan pemasaran pisang. Penentuan desa sampel dilakukan dengan menggunakan metode Simple Random Sampling, jumlah sampel seluruhnya yaitu sebanyak 12 orang. Terdapat 3 pola saluran pemasaran pisang di Kota Langsa. Efisiensi secara ekonomis dari sisi Share margin diketahui bahwa saluran pemasaran yang paling efisien yaitu terdapat pada saluran pemasaran III. Sedangkan saluran pemasaran pisang di Kota Langsa dari sisi biaya pemasaran tidak efisien hal ini karena nilai nilai efisiensi dari ketiga saluran pemasaran < 50%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jagris

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Focus and Scope Agricultural Economic, Agribussiness Management, Entrepreneurship, Agricultural Marketing, Agricultural Policy, Farmer Empowerment, Agricultural Communication ...